Dukung Program KBLBB, PLN Kampanyekan Electrifying Lifestyle di Parepare dan Sidrap

SIDRAP, DELIK.ID – Dalam rangka mendukung program pemerintah Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar menggelar kampanye penggunaan motor dan mobil listrik di Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap. Selain memamerkan kendaraan listrik, PLN juga menggelar demo masak menggunakan kompor induksi. Kampanye tersebut bertujuan untuk memperkenalkan gaya hidup serba elektrik ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan energi ramah lingkungan.

Dalam tajuk Electrifying Lifestyle Festival 2021 Parepare acara diawali dengan konvoi kendaraan listrik dari Gapura Selamat Datang Kota Parepare, Taman Mattirotasi dan finish di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare pada Senin sore (25/10). Lalu pada pagi keesokan harinya Selasa (26/10), acara tersebut dibuka di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Parepare H. Pangerang Rahim, General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid, dan Manajer PLN UP3 Parepare Rizky Ardiana Bayuwerty.

Dalam sambutannya, H. Pangerang Rahim, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PLN atas dukungannya dalam mewujudkan Parepare Smart City.  “Salah satu indikator untuk mewujudkan Smart City adalah Smart Environment oleh karena itu Pemkot Parepare sangat berterimakasih kepada PLN karena dengan adanya festival ini tentu dapat mendukung hal tersebut,” kata H. Pangerang Rahim.

“PLN dan Pemkot harus terus bersinergi untuk menyiapkan pasokan energi yang ramah lingkungan dalam membangun daerah kita cintai ini,” tambah H. Pangerang Rahim

Acara kemudian dilanjutkan dengan konvoi kendaraan listrik dari Kota Parepare ke Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap kemudian finish di Pantai Kering Pangsid Kabupaten Sidrap. Di tempat tersebut, PLN kembali menampilkan pameran kendaraan listrik dan mendemonstrasikan memasak menggunakan kompor induksi. Hadir dalam acara Electrifying Lifestyle Festival 2021 Sidrap, Bupati Kabupaten Sidrap Ir. H. Dollah Mando, Wakil Bupati Sidrap Ir. H. Mahfud Yusuf, General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid, dan Manajer PLN UP3 Parepare Rizky Ardiana Bayuwerty.

Bupati Kabupaten Sidrap Ir. H. Dollah Mando menyampaikan dukungannya kepada PLN untuk program Electrifying Lifestyle ini.
“Sekarang ini penggunaan listrik ada di berbagai sektor yaitu rumah tangga bahkan sampai kendaraan listik. Selain itu kami juga meminta dukungan PLN agar teknologi listrik dapat membantu di sektor pertanian,” tandas Ir. H. Dollah Mando.

Dalam kesempatannya Awaluddin Hafid menyampaikan bahwa Kampanye Electrifying Lifestyle Festival 2021 yang diadakan di Kota Parepare dan Kab. Sidrap bertujuan untuk memperkenalkan gaya hidup serba elektrik. Mulai dari memasak hingga bagaimana sensasi berkendara menggunakan kendaraan listrik.

“Kendaraan listrik, selain ramah lingkungan, emisinya pun lebih rendah dibandingkan kendaraan yang berbahan bakar minyak,” kata Awaluddin.

“Saya pribadi setelah mencoba mobil listrik, tenaga yang dihasilkan mesin kendaraan listrik pun tidak kalah hebat performanya. Dan yang tidak kalah penting jauh lebih irit, yaitu lima kali lebih hemat dibandingkan menggunakan BBM” tambahnya.

Tidak hanya penggunaan kompor induksi dan kendaraan, listrik juga sudah merambah ke dunia pertanian yang mana di Kabupaten Sidrap sendiri sudah ada beberapa pelanggan pengolahan gabah dan petani yang sudah beralih menggunakan listrik PLN. Guna terus mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik, pada kesempatan yang sama juga dilakukan peluncuran Komunitas Pengguna Kendaraan Listrik Kabupaten Sidrap yang diketuai oleh Wakil Bupati Sidrap Ir. H. Mahfud Yusuf.

“Dengan dukungan pemerintah daerah, kami berharap iklim penggunaan kendaraan listrik semakin masif di Kota Parepare dan Kab. Sidrap,” pungkas Awaluddin.

“Apalagi di Kab. Sidrap sendiri terdapat salah satu ikon di Indonesia PLTB Sidrap yang mana pembangkit tersebut menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT). Kami menghimbau agar masyarakat juga turut mengkampanyekan Lifestyle ini. Green Energy di hulu dan juga Green di hilir yaitu penggunaan kendaraan listrik yang bebas emisi,” tutup Awaluddin.

Guna mendukung terbentuknya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Sulawesi, PLN UIW Sulselrabar telah membangun 1 (satu) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging pertama di Indonesia Timur yang berada di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mattoanging, Kota Makassar.

Kedepan, PLN UIW Sulselrabar akan menambah 2 (dua) lokasi SPKLU, 1 (satu) lokasi di Sulawesi Selatan dan 1 (satu) lokasi di Sulawesi Tenggara. Dengan cadangan daya yang ada yaitu sebesar 588 MW, PLN siap melayani kebutuhan listrik. Para investor diharapkan tidak perlu ragu berinvestasi di  Provinsi Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat. (D11)

Related posts