DPRD Pinrang Gelar Paripurna PAW Legislator PDIP, Ini Pesan Bupati Irwan Hamid

  • Whatsapp

PINRANG, DELIK.ID – Ketua DPRD Kabupaten Pinrang, Muhtadin melantik Herly Lukman sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pinrang, sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan Sahariyah Lolo (Alm), yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Legislator PDIP itu dilantik di Gedung Dewan dalam sebuah rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Pinrang sisa masa jabatan 2019-2024. Senin, (20/9/2021).

Pelantikan Dihadiri langsung Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, sejumlah pejabat, anggota DPRD serta Forkopimda Pinrang.

Ketua DPRD Muhtadin menjelaskan mekanisme proses PAW anggota DPRD yang berdasarkan pasal 197 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dalam undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja menyebutkan bahwa Anggota DPRD Kabupaten/Kota yang berhenti antar waktu digantikan yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama. Maka hari ini kami lantik Herly Lukman, yang akan mengisi PAW anggota almarhumah Sahariyah Lolo,” terang legislator Partai Demoktar itu.

Menurut Muhtadin, Sahariyah Lolo (almarhuma) merupakan sosok wakil rakyat yang memiliki integritas selama menjabat sebagai anggota DPRD Pinrang.

Dia berharap penggantinya Herly Lukman mampu melanjutkan dedikasi Sahariyah Lolo, dan menjalankan tugas dengan baik di DPRD.

Sementara itu, Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid atas nama pribadi dan Pemerintah menyampaikan selamat bertugas kepada Herly Lukman yang telah mengucapkan sumpah sebagai PAW Anggota DPRD Kabupaten Pinrang. Dia juga mengajak seluruh wakil rakyat untuk mendoakan Almarhumah Sahariyah Lolo.

“Mari kita bersama sama membacakan Al Fatihah dan mendoakan semoga seluruh amalan Almarhuma diterima dan mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah Subhanah Wa Ta’ala,” terang Irwan Hamid.

Menurut Irwan Hamid, pengucapan janji Herly Lukman merupakan langkah awal melaksanakan tugas mulia sebagai wakil rakyat. Dia berharap Herly menjadi dapat menjadi mitra pemerintah yang saling bersinergi, dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Pinrang.

Irwan menambahkan, pengganti antar waktu bagi Anggota DPRD merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kelengkapan Anggota DPRD.

“Sebagai Anggota DPRD yang baru, tentunya perlu dengan segera menyesuaikan diri dengan berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas,” tambah Ketua DPC Partai Demokrat itu. (d13/dlk)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *