Watang Bacukiki Antar Parepare Terbaik Kedua Nasional Kategori Kampung Keluarga Berkualitas

PAREPARE,DELIK.ID – Nama Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, kembali terangkat di tingkat nasional. Itu setelah Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Watang Bacukiki, Parepare, ditetapkan menjadi juara 2 Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik Tingkat Nasional 2023.

Penetapan itu diumumkan di sela peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 yang dipusatkan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Parepare sekaligus mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang memimpin jajaran terkait Pemkot Parepare menghadiri peringatan Harganas di Banyuasin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri langsung peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 di Banyuasin pada Kamis, (6/7/2023).

Di Banyuasin, Presiden Jokowi akan memberikan telur kepada keluarga berisiko stunting. Kemudian menganugerahkan Satya Lencana Pembangunan dan Setya Lencana Wira Karya kepada Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wali Kota, Wakil Bupati, Wakil Wali Kota, dan penerima penghargaan lainnya.

Wakil Wali Kota (Wawali) Parepare, Pangerang Rahim mengatakan, ditetapkannya Kampung KB Watang Bacukiki menjadi terbaik kedua tingkat nasional akan menjadi ikon andalan baru bagi Parepare, dan Sulawesi Selatan secara umum. Itu karena Kampung KB Watang Bacukiki adalah juara 1 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga mewakili Sulsel ke tingkat nasional.

Pangerang menekankan, program Kampung KB penting, karena mendorong pemberdayaan masyarakat, menjadikan keluarga berkualitas, termasuk penanganan stunting.

“Program ini menjadikan kualitas pemberdayaan masyarakat khususnya di Kelurahan Watang Bacukiki semakin meningkat. Sehingga, program pemerintah bisa berjalan baik dan berakhir pada peningkatan kualitas masyarakat. Dengan demikian program Kampung KB ini sejalan dengan misi Pemerintah Kota Parepare,” tegas Pangerang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Parepare, Dr Hj Halwatiah menambahkan, Kampung KB di Parepare tidak hanya satu, tapi ada di setiap Kelurahan yang berjumlah 22.

Hanya saja, kata Halwatiah, selain Kampung KB Watang Bacukiki, Kampung KB di 21 Kelurahan lainnya masih butuh perhatian serius khususnya dalam hal sarana dan prasarana.

“Kampung KB kita ada di 22 Kelurahan. Hanya saja masih butuh perhatian dalam hal peningkatan sarana dan prasarana. Tapi Kampung KB Watang Bacukiki yang sudah masuk 10 besar terbaik tingkat nasional, dan kini ditetapkan menjadi juara 2 terbaik tingkat nasional akan menjadi percontohan bagi Kampung KB di Kelurahan lainnya di Parepare,” tandas Halwatiah. (d11/dlk#)

Related posts