Zoom Dengan Mendagri KPU Selayar Siap Gelar Pilkada Lebih Matang

SELAYAR, delik.id — Ikuti Sosialisasi Via Zoom Meeting Lembaga Penyelenggara Pemilu Diharapkan Jauh Lebih Matang dan Proffesional Tahapan sosialisasi rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pendaftaran, verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu yang digelar secara virtual oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

” Acara itu resmi mengawali rangkaian tahapan dan persiapan menghadapi penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024. Meski hanya terselenggara secara virtual, namun rangkaian sosialisasi yang dilaksanakan pada sekira pukul, 11-13.00. ” Kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Selayar, Nandar Jamaluddin.

Yang menjadi perhatian  locus perhatian dan atensi dari segenap jajaran lembaga penyelenggara pemilu tanah air. Rangkaian sosialisasi secara virtual bahkan tak sedikitpun mempengaruhi antusiasme jajaran lembaga penyelenggara pemilu yang turut berkontribusi mengikuti jalannya kegiatan sosialisasi. di internal Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar.

Rangkaian sosialisasi diikuti dan dihadiri oleh lima orang komisioner yang didampingi oleh jajaran Kepala Sub bagian (Kasubag) dan staf tekhnis dengan mendasari undangan yang dilayangkan secara virtual oleh Kemendagri. Hampir sama dengan KPU, peserta dari elemen stakholder, partai politik, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), menghadiri dan mengikuti rangkaian acara sosialisasi dari kantor masing-masing dengan mendasari undangan yang dikeluarkan Kemendagri, via zoom meeting .

Kegiatan sosialisasi di internal Komisi Pemilihan Umum, dipusatkan, di Ruang, Rumah Pintar Pemilu, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, di ruas jalan Jend. Achmad Yani, Benteng. Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Selayar, Nandar Jamaluddin mengutarakan, meski rangkaian sosialisasi hanya dilaksanakan via zoom meeting.

” Peserta sosialisasi diharapkan betul betul menyimak, mencernah, memahami dan ‘menangkap’ materi sosialisasi sebagai bahan pembelajaran. Materi pembelajaran yang telah didapat dan diikuti melalui paparan dua orang narasumber dari unsur Komisi Pemilihan Umum RI dan Bawaslu RI, kedepan diharapkan dapat menjadi pedoman, pijakan dasar, dan landasan dalam pelaksanaan tahapan pendaftaran, verifikasi dan Penetapan Partai politik pemilu nantinya.” Nandar Jamaluddin

Kata Nandar, Sosialisasi ini, penting dan perlu untuk diikuti, terutama dalam rangkaian untuk menekan serta meminimalisir potensi kesalahan tekhnis pada penyelenggaraan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan Partai politik peserta pemilu

. “Itulah sebabnya, kenapa kemudian, jajaran Kementerian Dalam Negeri, menginisiasi penyelenggaraan sosialisasi berbasis zoom meeting hari ini, dengan mengundang dan melibatkan secara virtual lembaga penyelenggara pemilu dan pihak pihak terkait lainnya”. Papar Nandar

Melalui rangkaian sosialisasi ini, kita berharap agar elemen pengurus partai politik dan lembaga penyelenggara pemilu jauh lebih paham, dan mengerti akan tekhnis penyelenggaraan tahapan pendaftaran, verifikasi, serta penetapan Partai politik peserta pemilu, termasuk dari sisi hukum, dan pengawasan, ketus Nandar. (Andi Fadly Daeng Biritta)

Related posts