Wakil Ketua DPRD Parepare Sosialisasikan Perda Restoran

  • Whatsapp

PAREPARE DELIK.ID – Wakil Ketua DPRD Parepare Tasming Hamid (TSM) melakukan sosialisasi tentang Perda Nomor 1 Tahun 2017 Perubahan atas Perda Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pajak Restoran.

Sosialisasi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Lagota Cafe and Resto, Minggu (10/10/2021). Sosialisasi menghadirkan Sekretaris BKD Parepare, Agussalim.

Tasming mengatakan, objek pajak restoran dipungut atas pelayanan yang disediakan oleh restoran. Pelayanan yang disediakan restoran, kata Tasming, meliputi penjualan makanan, minuman yang dikonsumsi di tempat pelayanan maupun di tempat lain.

“Subjek pajak restoran dalam hal ini yaitu orang pribadi, atau badan yang membeli makanan dan minuman dari restoran. Adapun, wajib pajak restoran adalah orang pribadi atau badan yang mengusahakan restoran,” jelas Legislator Partai NasDem ini.

Legislator dua periode tersebut menerangkan, dasar pengenaan pajak restoran adalah jumlah pembayaran yang diterima atau yang seharusnya diterima restoran.

“Tarif pajak restoran ditetapkan sebesar 10 persen,” katanya.

Sementara, Agussalim memaparkan, adapun yang dijelaskan dalam perda ini diantaranya wilayah pemungutam dan masa pajak, pemungutan pajak, pengembalian kelebihan pembayaran, pembukuan dan pemeriksaan serta lainnya.

“Kami mengapresiasi Wakil Ketua DPRD Parepare yang telah melakukan sosiaslisasi ini. Karena, ini sebagai dasar untuk memasukkan pendapatan di kas daerah,” tandasnya.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *