Debu PT Alpindo Pinrang Ganggu Pernafasan Warga Lompongeng

  • Whatsapp

PINRANG, DELIK.ID – Gangguan pernafasan dari debu tebal yang muncul akibat pengerjaan yang ditimbulkan dari pabrik Batu miliknl PT. Alpibdo di Desa Bulu Lompongeng, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan terganggu sejak beberapa bulan terakhir.

Debu pekat tersebut menyebabkan jarak pandang hanya beberapa meter sehingga rawan menimbulkan kecelakaan.

Akibat debu tersebut, sejumlah warga mengalami gangguan pernapasan. Beberapa di antara mereka terpaksa mengungsi dari rumahnya karena kondisi udara yang dinilai tidak sehat.

“Debu pasir halus bisa capai 2Cm menempel di atap rumah kami. Debunya juga sampai masuk ke dapur rumah. Sangat mengganggu,” kata warga.

Pemilik Pabrik dari PT Alpindo, Usman Marham yang dihubungi via selulernya sampai sejauh ini belum memberikan konfirmasi.

Salah seorang tokoh masyarakat di Kabupaten Pinrang, Jasmir Laintang menyikapi kondisi warga tersebut. Jasmir meminta pemerintah setempat mengambil langkah dan tindakan tegas.

“Ini sudah lama terjadi namun warga sepertinya mendapat perlakuan intimidasi dari pihak Pabrik. Kita minta pemerintah melakukan tindakan. Pemerintah harus berpihak pada kepentingan warga bukan kepentingan perusahaan,” tandas aktivis anti korupsi ini. (D11)

banner 468x60

Leave a Reply