Chaerul Ubah Mesin Motor Ninja Jadi Mesin Pesawat Terbang

PINRANG, DELIK.ID — Penasaran ingin naik pesawat, Chaerul seorang montir motor di Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, merakit pesawat sendiri dari mesin motor bekas.

Untuk badan pesawat, Chaerul memanfaatkan berbagai barang bekas dari bengkel miliknya.

” Saya membuat pesawat terbang karena penasaran ingin naik pesawat, bahan pesawat mirip Ultra Light itu dari bahan bekas di bengkel. ” Kata Chaerul, Sabtu ( 30/11/2019).

Sementara kata Chaerul, sayap pesawat terbuat dari parasut bekas yang biasa dijadikan penutup mobil. Adapun mesinnya terbuat dari Mesin Motor Kawasaki Ninja RR 150 CC.

” Pesawat itu saya kerjakan sejak sebulan lalu, dibantu 2 orang teman menghabiskan sekira 8 juta, untuk badan pesawat dan 15 juta untuk membeli mesin motor Ninja RR 150 CC. ” Ungkp Chaerul.

Chaerul mengaku pada 2002 lalu, sempat membuat pesawat terbang jenis Helikopter, namun gagal terbang. Beberapa hari sebelumnya, pesawat Terbang barang buatan Chaerul sempat diuji coba di pantai Ujung Tape Pallameang, namun gagal terbang karena terbawa angin.

Sementara, Peterjung Kopassus Kapten Halid yang sempat melihat uji coba itu mengatakan pesawat buatan Chaerul gagal terbang karena pilotnya belum menguasai tekhnis menerbangkan pesawat

“Maklum masih pemula sehingga belum menguasai tekhniknya. Saat uji coba beberapa hari lalu pesawat terbang yang dipiloti Chaerul sendiri terbawa angin ke kanan”.

Rencananya pesawat terbang jenis Ultra Light buatan Chaerul, kembali akan di uji cobakan untuk kedua kalinya pada Minggu 1 Desember 2019 di pantai ujung tape, setelah dilakukan beberapa berbaikan pada pesawat (D11).

Related posts